Boyhood


Pelaku industri perfilman dan pertelevisian di Hollywood merayakan malam penghargaan Golden Globe ke-72 yang digelar 11 Januari 2015 waktu setempat di Beverly Hilton di Beverly Hills, California. Acara yang dipandu oleh duo komedian Tina Fey dan Amy Poehler ini, tidak menunjukkan dominasi film tertentu dalam meraih penghargaan.

Film Boyhood dinobatkan sebagai Film Terbaik Penghargaan Golden Globe. Boyhood berhasil menyingkirkan empat film lainnya yang pulang dengan tangan hampa, yaitu Foxcathcer, The Imitation Game, Selma dan The Theory of Everything.

Film ini mendapatkan dua penghargaan lainnya, yaitu piala untuk kategori Pemeran Pendukung Wanita terbaik oleh aktris Patricia Arquette dan Sutradara Terbaik oleh Richard Linklater.

Keberhasilan film Boyhood sepertinya menjadi buah manis dari perjalanan panjang sang sutradara, yaitu Richard Linklater dalam membuat film ini selama 12 tahun. Dalam pidato saat menerima penghargaan Richard mengatakan film ini memiliki arti yang personal untuk dirinya dan seluruh kru. Ini adalah film yang sangat pribadi bagi saya. Dan itu menjadi sangat pribadi untuk semua orang yang bekerja di atasnya, kata Richard.

Melalui fim ini, Richard memberikan pesan bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semua orang mempunyai kekurangan. Kita semua memiliki kekurangan, tidak ada yang sempurna, kata Richard yang mendedikasikan penghargaan ini untuk kedua orang tuanya.

Film lain yang juga berjaya di Golden Globe adalah Birdman. Film ini membawa pulang dua piala yang masing-masing disumbang oleh Alejandro Gonzalez Inarritu sebagai Skenario Terbaik dan Michael Keaton untuk kategori Aktor Terbaik Film Komedi/Musikal.

Kejutan dalam Golden Globe kali ini datang dari Eddie Redmayne yang berhasil mengalahkan aktor-aktor besar lainnya dalam kategori Aktor Terbaik Film Drama. Eddie yang memerankan tokoh ilmuan Stephen Hawking itu berhasil menyingkirkan Steve Carel dalam film Foxcatcher, Benedict Cumberbatch melalui film The Imitation Game, Jake Gylanhaal di film NightCrawler dan David Oyelowo di film Selma.

Nama Eddie sebelumnya memang sudah digadang-gadang bakal menjadi aktor yang mendapatkan predikat aktor terbaik di sejumlah ajang penghargaan yang digelar tahun ini. Sementara untuk kategori Pemeran Wanita Terbaik Film Drama, piala diraih oleh aktris Julianne Moore melalui perannya di film Still Alice. Julianne yang masuk dalam dua nominasi ini berhasil memecundangi Jennifer Anniston (Cake), Felicity Jones (The Theory of Everything), Rosamund Pike (Gone Girl) dan Reese Witherspoon (Wild).

Untuk kategori Skenario Terbaik diraih oleh Alejandro Gonzalez Inarritu melalui film Birdman. Sementara untuk piala Pemeran Pendukung Pria Terbaik FILm Drama diberikan kepada JK Simmons melalui aktingnya di film Whiplash.

Di deretan penghargaan Film Komedi/Musikal, The Grand Budapest Hotel sukses membawa pulang piala untuk kategori Film Komedi/Musikal Terbaik. Amy Adams yang main dalam film Big Eyes didapuk sebagai Pemeran UtamaTerbaik Film Komedi/Musikal Terbaik. Adapun untuk Pemeran Terbaik Pria Film Komedi/Musikal Terbaik diraih oleh Michael Keaton melalui film Birdman.

Penghargaan Film Animasi Terbaik diraih oleh How To Train Your Dragon 2. Film ini berhasil mengalahkan film Big Hero 6, The Book of Lide, The Boxtrolls dan The Lego Movie.

Dalam penghargaan untuk insan pertelevisian, The Affair berhasil mendapatkan predikat Drama Seri Terbaik. Sementara untuk Seri Televisi Komedi terbaik diraih oleh Transparent. Kategori Aktris Terbaik Serial Drama Televisi Diraih oleh Ruth Wilson (The Affair) dan Kevin Spacey (House of Card) untuk kategori Aktor Terbaik Serial Drama Televisi. (bbi/age/bst)