pilpres-as


Dollar menguat terhadap yen Jepang setelah adanya pernyataan dari FBI yang mengatakan Hillary Clinton bebas dari dakwaan terkait skandal email pribadi. Pernyataan yang disampaikan kepada Kongres AS ini membuat citra Clinton pulih setelah pekan lalu berita FBI yang akan membuka kembali dugaan ini membuat dukungan terhadap kandidat capres saingan Donald Trump membesar.

Pelaku pasar melihat Clinton sebagai penerus status quo pemerintahan Barrack Obama termasuk kebijakannya di bidang ekonomi. Berita yang menaikkan popularitas terhadap Trump dianggap sebagai sentimen risiko bagi pasar.

Pada pukul 10.55 WIB, pasangan USD/JPY menalami kenaikan hingga 1,1% ke 104,25 bahkan sempat menyentuh 104,53 di awal perdagangan Asia. Padahal di akhir pekan lalu sempat merosot hingga 102,55 seiring hasil jajak pendapat yang menunjukkan selisih suara dukungan bagi kedua kandidat sangat tipis.

Dolar kembali diburu seiring prospek dari capres Trump berkurang. Tapi sejauh ini tidak terlalu aktif, karena Clinton kemungkinan akan mempertahankan kebijakan yang mencegah dolar yang kuat jika dia terpilih, dan juga prospek ekonomi masih belum jelas,” kata Masafumi Yamamoto, kepala strategi valas Mizuho Securities di Tokyo.

“Ketidakpastian mengenai pemilu akan tetap sampai menit terakhir, seperti yang terjadi akhir pekan lalu ketika tiba-tiba dukungan ke Trump di jajak pendapat membesar terkait dengan penyelidikan email Clinton,” imbuhnya. (bbi/age sumber monexnews)

Autochartist Beach