elzata


Promosi yang efektif akan mampu membangun positioning sebuah brand. Hal itu merupakan standar yang wajib dipenuhi oleh setiap merek yang ingin bisnisnya langgeng. Pun demikian dengan Elzatta. Brand yang sudah eksis lebih dari 25 tahun di industry fesyen ini terus melakukan promosi yang efektif guna memacu bergulirnya roda bisnis.

“Promosi yang kami giatkan antaralain dengan membuat program yang mampu mendrive kegiatan jual beli. Hal ini penting guna merangsang pertumbuhan income perusahan,” ujar Head of Brand Strategy Elzatta,Ina Binandari. Ia juga menambahkan, kerjasama antar tim sangat penting untuk menunjang terjadinya sales. Pasalnya, jika sinergi antar departemen tak terjaga, bisa dipastikan sales tak akan bisa terpenuhi.

Bicara tentang sarana promosi yang efektif, Ina mengungkapkan media yang digunakan sebenarnya cukup relatif, tergantung bagaimana brand tersebut mengaplikasikannya secara maksimal. Elzatta sendiri banyak menggunakan medium konvensional diantaranya dengan menggunakan billboard jalan, memberikan discount di store hingga memasarkan produk ke media massa seperti media cetak, televisi, radio, PH sinetron dan lain sebagainya.

Disamping itu, Elzatta juga kerap melakukan in-line promosi melalui sosial media yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar impact yang dihasilkan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. “Bagi sebuah brand, mempromosikan merek di sosial media merupakan sebuah keharusan. Kami pun melakukan hal yang sama. Bahkan untuk memfokuskan digital media, ada tim khusus yang menanganinya agar konten yang dihasilkan bisa dengan tepat menyasar audience,” tambah Ida.

Terkait konten, brand yang concern menggarap fashion muslim ini melakukan pelbagai kegiatan seperti memperkenalkan roduk terbaru, CSR, mennyapa konsumen secara berkala hingga update seputar info terkini yang tengah terjadi di sekitar. Dengan memberikan konten yang aktual serta info terkini, awareness terhadap konsumen terbangun seiring berjalannya waktu.

Tak hanya memperkuat awareness, Elzatta juga melakukan inovasi guna kukuhkan diri sebagai market leader di bidangnya. Hal tersebut dilakukan agar engagement yang mereka lakukan terhdap konsumen tetap terjaga. “ Untuk inovasi sendiri, kami biasanya melakukannya setiap empat bulan sekali. Yang kami rubah tak hanya dari sisi produk, namun secara keseluruhan. Kami juga memperhatikan berbagai hal kecil seperti display, looking rook, gimmick sales dan lain sebagainya. Jadi, tak hanya produk yang selalu kami inovasikan,” ungkapnya.

Untuk produk sendiri, Ina mengakui pihaknya kerap melakukan business meeting sebelum meluncurkan produk baru. Disana, Elzatta melakukan pelbagai hal seperti mendengarkan aspirasi tim, membicarakan permasalahan yang tengah/sedang diterima mitranya serta mengotrol menajemen secara keseluruhan. Hal tersebut mereka lakukan guna terus menjaga hubungan baik, entah itu kepada mitra maupun karyawan pada umumnya. (bbi/age sumber: bisnisupdate.com)