super wash


Perubahannya yang senantiasa naik, telah memiliki semakin lebih 400 outlet dengan 90 mitra di seluruhnya Indonesia, Superwash mengklaim dirinya sebagai franchise laundry terbaik. Investasinya terjangkau dan BEP relatif cepat.

Mulai sejak th. 2005, Virdiansyah bangun Super Wash Laundry. Dengan strategi pemasaran dan profesionalisme service yang memuaskan, Super Wash berhasil hadapi sebagian pesaingnya yang terbilang ketat. Selang empat th. jalan, Superwash berkembang jadi usaha laundry yang besar dan prospektif, hingga pada th. 2009, Didi (panggilan akrab Virdiansyah) tingkatkan usahanya dibagian franchise.

Pergantian Superwash Laundry bisa dimaksud selalu alami kenaikan di masing-masing tahunnya. Dari th. pertama yang hanya memiliki 1 atau 2 mitra sekarang ini sudah berkembang jadi 90 mitra di seluruhnya indonesia. Omsetnya masing-masing bln. berbeda tergantung dari paket yang di menawarkan. Rata-rata per bln. omsetnya sekitar 150-200 kg/hari dengan harga yang sesuai sama pada situasi tempat semasing.

“Superwash telah jadi franchise laundry terbaik di Indonesia saat ini. Kami senantiasa berkembang dan makin prospektif. Kurun saat dekat Super Wash akan go international dengan buka gerai di Singapura dan Malaysia, ” tutur Didi.

Super Wash menawarkan 4 paket pilihan yaitu Paket Simple (Rp 32 Juta) , Paket Super (Rp 53 Juta) , Paket VVIP (Rp 80 Juta) dan Paket Industri (Rp 100 Juta) . Nilai paket-paket yang di menawarkan inilah yang buat Super Wash dikenal sebagai low cost franchise karena modal investasinya yang relatif kecil. Untuk penentuan harga penjualan tergantung dari tempat semasing berdasarkan pada studi harga oleh team surveyor Super Wash.

Didi mengemukakan usaha laundry saat ini sangat berikan peluang besar karena mengingat usaha laundry yakni usaha yang tak ada matinya. Bermakna, usaha laundry ini yaitu usaha yang akan jadi kepentingan pokok kelak.

“Kalau persaingannya sendiri kami rasa cukup ketat karena banyak juga bermunculan usaha laundry baik rumahan maupun franchise, buat kami persaingan betul-betul sangatlah diperlukan untuk jadi penyemangat dan jadi patokan pergantian Superwash Laundry, ” papar Didi.

Menanggapi persaingan usaha laundry yang ketat, tetap masih kata Didi, Super Wash berusaha untuk berikan kemudahan dan kelebihan pada calon customer atau mitra Super Wash sampai berikan satu hal yg tidak sama juga dengan kompetitor yang lain. (bbi/age)