bukber


Momen Ramadhan bukan berarti tak bisa bikin acara bersama keluarga. Salah satunya adalah mengadakan acara Buka Puasa bersama keluarga. Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat yang tepat untuk keluarga di Jakarta.

kunskrting

1. Tugu Kunstkring Paleis
Restoran yang bangunannnya merupakan peninggalan kolonial Belanda ini terletak di Menteng , Jakarta Pusat. Tugu Kunstkring menyajikan menu hidangan Indonesia. Nama-nama hidangannya pun cukup unik karena diperoleh dari tiga bahasa yaitu, Mandarin, Belanda, dan Indonesia.
Area makannya yang luas lengkap dengan long table sangat cocok bagi kamu yang ingin berbuka bersama keluarga besar. Menu makanannya pun cukup bervariasi, kamu bisa mencoba ayam setan, empal goreng, tahu tempe terong sambel ijo, tahu telor, dan nasi lemak. Harga yang ditawarakan pun relatif murah jika kamu berbuka bersama keluarga besar, yaitu sekitar Rp 100 hingga Rp 400 ribu.
Sebelum waktu berbuka tiba, kamu bisa menikmati galeri seni yang bisa dikoleksi. Tak hanya itu, kamu juga bisa berjalan mengelilingi bangunan restoran yang dipenuhi interior bergaya baroque dengan nuansa kerajaan yang mewah-klasik, karena pengaruh unsur budaya Eropa dan Jawa.
Jika tertarik, restoran ini berada di jalan Teuku Umar No.1 Menteng, Jakarta Pusat.

abunawas
2. Abunawas Restaurant
Restoran dengan gaya Timur Tengah ini menyajikan makanan khas Arab Saudi. Ketika masuk ke dalam restoran, kamu akan merasa seperti berada di Timur Tengah. Menu makanan dtulis dalam bahasa arab, dan terdapat penjelasannya dalam bahasa Inggris.
Menu yang paling cocok untuk berbuka puasa adalah Lahm/Samak-Maswhi/Maqli (daging kambing/ikan goreng atau bakar), Lahm Mugalgal (daging kambing yang dimasak menggunakan tomat, bawang merah, paprika hijau, dan tambahan bumbu pedas), serta Kebab Dajaj (roti kebab isi daging ayam). Harga makanan pun cukup bervariasi mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu.
Jika tertarik, Abunawas berada di dua kawasan yaitu di jalan Matraman no 15 Jakarta Timur, dan Jalan Kemang Utara No.15 Jakarta Selatan.

bebek
3. Bebek Tepi Sawah
Ingin berbuka puasa bersama keluarga di Bebek Tepi Sawah? Kini kamu tidak perlu lagi ke Bali, karena resaturan ini juga sudah tersedia di Jakarta. Berdesain modern dengan tambahan dekorasi khas Bali serta alunan musik tradisional Bali, kamu bisa memilih area indoor atau outdoor ketika memasuki restoran ini.
Menu andalan di restoran ini adalah bebek Bali. Kamu bisa mencicipi bebek bali crispy atau grilled. Ukuran bebeknya cukup besar, sehingga bisa berbagi bersama keluarga.
Jika kamu pecinta pedas, kamu bisa menikmati 3 jenis sambal yang ditawarkan, yaitu sambal matah, sambal mbe, dan sambal uleg. Harga makanan dan minuman disini dimulai dari Rp 50 ribu hingga Rp300 ribu.
Jika tertarik, Bebek Tepi Sawah berada di Cilandak Town Square, Lantai Ground, Jl. TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.

telaga
4. Talaga Sampiruen
Ingin berbuka puasa dengan suasana yang berbeda, sekaligus melepas kepenatan hiruk pikuk kota? Kamu bisa mengunjungi restoran dengan konsep rumah makan traditional Sunda, yaitu Talaga Sampireun.
Lahan restoran ini cukup luas, sehingga cocok buat kamu yang ingin berbuka bersama keluarga. Sebelum berbuka puasa, kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan danau yang ada di sekitar saung. Karena saung-saung restoran ini dikelilingi danau dan pepohonan, sehingga terasa nyaman dan sejuk.
Untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa, kamu bisa memesan es kelapa muda atau es campur dengan harga Rp 39 ribu. Setelah itu, bisa juga mencoba makanan berat dengan kombinasi cita rasa pedas, gurih, asam dan manis di berbagai menu masakannya. Seperti olahan seafood, daging, sup, pepesan,patin ikan bakar bambu, nasi liwet, dadar gulung, cumi goreng tepung, dan sate kambing yang dijual mulai harga Rp 39 ribu – Rp 125 ribu.
Jika tertarik, Talaga Sampireun berada di tiga kawasan, yaitu Jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng, Jakarta Barat. Kawasan Niaga Bintaro Sektor 7, Jl. Boulevard Bintaro Jaya Blok B7 No. N1, Pd. Jaya, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan. Serta Jalan Lapangan Golf 7, Pademangan Utara, RW.10, Ancol, Jakarta Utara. (bbi/age)