Choirul Mahpuduah, Anantya Van Bronckhorst, Kania Annisa Anggiani dan Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia


Choirul Mahpuduah, owner Pawon Kue, menjadi salah satu narasumber Facebook dalam program #SheMeansBusiness. Bu Irul, dinobatkan sebagai satu dari tiga perempuan wirausaha inspirasional. Dua perempuan lainnya, Anantya Van Bronckhorst (Co managing director Girls in Tech Indonesia), dan Kania Annisa Anggiani (owner Chick& Darling).

Acara talkshow #SheMeansBusiness yang ditayangkan di Facebook Live, Rabu (21/3/2018) lalu. Mereka berbagi kisah inspiratif dari usaha yang telah mereka jalani.

Sosok Bu Irul yang mantan aktivis buruh dan berhasil mengajak banyak perempuan mendirikan Kampung Kue (komunitas produsen jajan pasar) yang berlokasi di Rungkut Lor. Ini karena ia melihat peluang rekan-rekan buruh tidak sempat sarapan kalau pagi. Lewat komunitas berusaha, Bu Irul mampu mendorong pertubuhan ekonomi perempuan.

Sebagai Pemenang Pahlawan Ekonomi, dia merintis usaha baru (spin off) cookies, seperti almond crispy, supaya tidak bersaing dengan sesama komunitasnya. Setelah ikut Tatarupa, dengan kemasan dan branding lebih baik, harga produk bisa naik dari Rp 35 ribu menjadi Rp 55 ribu.

Usahanya makin meroket setelah ia tidak hanya berjuan offline, tapi juga memanfaatkan digital marketing. Omzetnya naik berlipat-lipat dari Rp 5 juta sebulan menjadi Rp 35 juta per bulan saat ini. Bahkan setiap Lebaran omzetnya naik dua kali lipat menjadi Rp 70 juta per bulan.

Dalam perjalanannya, Bu Irul merintis usaha baru cookies seperti almond crispy, supaya tidak bersaing dengan sesama komunitas. Kini, setelah produknya dikemas dan di-branding lebih baik, rata-rata dia bisa menjual lebih 50 persen dari harga awal.

Bu Irul mengaku senang dengan apresiasi yang diberikan Facebook. “Tim dari Facebook sudah melihat dari dekat kehidupan Kampung Kue. Dan sekarang mereka mengundang saya di program #SheMeansBusiness.,” tutur Bu Irul. (bbi/age sumber wh/enciety.co)