pancing


Bisnis kolam pemancingan banyak digeluti oleh orang-orang yang cerdas melihat prospek di balik usaha tersebut. Benar, bisnis kolam ikan pemancingan merupakan bisnis yang sangat prospek dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Selain itu, bisnis ini juga tidak akan pernah mati. Jangan khawatir tidak ada konsumen yang memancing di kolam anda. Hal ini dikarenakan bagaimana pun para penghobi mancing akan selalu mencari kolam pemancingan untuk menyalurkan hobinya.
Selain mereka, kolam pemancingan juga menyasar orang-orang yang membutuhkan liburan keluarga untuk bersantai ria. Hal ini dikarenakan, kolam pemancingan tidak hanya menjual jasa pemancingan saja, tetapi juga sekaligus memasak hasil pancingan para konsumennya.

Kunci suksesnya hanya satu, yakni memuaskan konsumen. Pemasukan bisnis ini juga berasal dari penjualan ikan yang diambil langsung dari kolam.

Mengutip buku “Pengangguran Kaya Raya” karya Wildan Fatoni, berikut adalah analisis usaha bisnis kolam pemancingan skala kecil.

tabel 1 pancing

Asumsi Pendapatan per Bulan

Diasumsikan omzet dari pembelian ikan Rp6.000.000. Maka keuntungan yang didapat adalah, Rp6.000.000 dikurang Rp4.400.000 menghasilkan Rp1.600.000.

Asumsi ini tidak menggunakan sewa tempat. Harga dapat berbeda di setiap kota atau tempat pemancingan.(bbi/age sumber economy.okezone.com)