prank copy


Menonton sebuah video dari laman Youtube memang sangat menarik. Apalagi, saat ini Youtube sudah dapat diakses lebih mudah melalui smartphone dengan applikasi miliknya sendiri.

Salah satu video yang paling sering di tonton oleh masyarakat adalah video tantangan (challenge) dan video kejahilan (prank). Meskipun mendapatkan banyak kritik yang mendukung serta menolak, nyatanya video-video yang seringkali dijadikan konten oleh para Youtuber (panggilan untuk para pembuat video di Youtube) ini sudah banyak meresahkan masyarakat. Apalagi beberapa video yang diupload hampir saja mempertaruhkan nyawa sang Youtuber.

 

Seperti salah satu challenge yang saat ini sedang viral di kalangan anak muda. “Bird Box Challenge”. Bird box challenge merupakan sebuah tantangan yang dibuat oleh para Youtuber dikarenakan terinspirasi oleh film Bird Box milik Netflix. Dalam challenge ini, si penantang diharapkan untuk mampu melakukan aktivitas keseharian mereka dengan mata tertutup. Hal ini termasuk kegiatan yang memiliki resiko tinggi seperti mengemudi, berolahraga, dan lain sebagainya.

Menanggapi banyaknya permaslahan yang muncul dari aktivitas tersebut, pada tanggal 16 Januari 2019, melewati akun twitternya, Youtube memberikan klarifikasi serta tanggapan terhadap aksi beberapa Youtuber tersebut.

“We’ve updated external guidelines to clarify what this means for dangerous challenges and pranks.” Jelas Youtube, seperti yang dilansir pada laman twitter miliknya.

Selain video challenge, video kejahilan (prank) nampaknya juga akan segera diberikan peraturan yang lebih ketat olah Youtube. Hal ini dikarenakan banyak dari video prank tersebut yang justru memberikan dampak psikis yang tidak bagi bagi si korban prank tersebut.

Tindakan untuk meningkatkan peraturan ini dibuat Youtube sebagai respon dari banyaknya keluhan masyarakat akan berbahayanya konten konten video yang ada di Youtube terhadap kesehatan mental masyarakat, terlebih anak anak. Dalam hal ini, Youtube akan memberikan kesempatan selama 90 hari bagi yotuber yang videonya terkena sanksi untuk sesegera mungkin di hapus. Apabila tidak segera dihapus, Youtube akan melakukan tindakan lebih lanjut yaitu menonaktifkan akun milik Youtuber tersebut. (bbi/Kevin sumber: tekno.kompas.com)