WhatsApp Image 2019-01-22 at 15.12.10


Dampak dari penurunan dolar Amerika,berdampak pada semua aspek terutama pada perdagangan dunia yakni harga emas. Hingga Selasa siang ini,harga emas masih di bawah tekanan. Hal itu membuat safe heven favorit semua masyarakat di dunia,terus menjadi perbincangan. Dolar AS berada di dekat titik tertinggi 2 minggu terhadap mata uang lainnya pada hari Selasa siang. Menurut analisa data keuangan Forexsignal88.com menunjukkan indeks dolar AS masih di formasi bullish dalam 8 hari terakhir, siang ini berada di 96,03.

Kenaikan dolar AS membebani harga emas, yang sudah naik lebih dari 10% sejak pertengahan Agustus, hal itu karena gejolak bursa ekuitas dan dolar AS yang lemah.

Analis INTL FC stone dalam sebuah catatan risetnya menyebut, tampaknya beberapa faktor yang mendorong harga emas pada awal Januari tidak memiliki efek, yaitu, pernyataan The Fed yang jauh lebih dovish dan tanda-tanda yang lebih jelas dari perlambatan pertumbuhan makro global.

Tim tersebut menambahkan, sebaliknya, harga emas terlihat sedang dirusak oleh dolar AS yang sedikit lebih kuat bersama dengan kenaikan moderat imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun. Selain itu, kegiatan pelayanan di Amerika juga banyak yang terhenti akibat penurunan dolar Amerika