aaaaa


Beberapa waktu kebelakang, Indonesia sempat dikejutkan dengan kabar meninggalnya seekor anjing ras husky di sebuah tempat penitipan hewan (pet shop) di Tanggerang Selatan. Kasus tersebut disebabkan karena adanya tindakan tidak sesuai prosedur yang dilakukan oleh karyawan pet shop kepada anjing bernama Sky tersebut.

Seberapa sulitnya membuka usaha petshop? Bisnis petshop merupakan salah satu bentuk usaha yang sebenarnya tidak memerlukan usaha besar untuk merealisasikannya. Seperti yang dilansir jurnal.id, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini untuk menunjang usaha pet shop milik Anda. Diantarnya:

Menentukan Lokasi Pet Shop

Jurnal_Blog_8-Langkah-Memulai-Bisnis-Pet-Shop-yang-Menguntungkan-1

Dalam menentukan lokasi pet shop, usahakan Anda mencari tempat yang terbaik. Carilah tempat dengan akses yang mudah dijangkau dan tidak terlalu dekat dengan jalan raya. Konsidi pet shop yang terlalu dekat dengan jalan raya akan mempengaruhi psikis hewan menjadi lebih mudah stress.

Menentukan Jenis Layanan

Jurnal_Blog_8-Langkah-Memulai-Bisnis-Pet-Shop-yang-Menguntungkan-8

Dalam menjalankan bisnis pet shop, terdapat beberapa layanan yang biasanya ditawarkan untuk memanjakan hewan kesayangan. Untuk memberikan image positif bagi pet shop, Anda juga bisa memberikan layanan dengan sistem one stop service atau semua jenis layanan. Anda juga bisa menambahkan layanan jasa titip atau salon bagi hewan peliharaan. Dan yang biasanya paling diminati oleh para pencita hewan adalah aksesoris yang mungkin bisa Anda jual agar pet shop Anda diminati oleh banyak kalangan.

Meminta Izin Lingkungan

Jurnal_Blog_8-Langkah-Memulai-Bisnis-Pet-Shop-yang-Menguntungkan-7

Meminta izin kepada warga sekitar pet shop Anda juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. selain untuk menghindari konflik dikemudian hari, meminta izin secara tidak langsung menjadi bentuk bahwa Anda menghargai masyarakat di sekitar pet shop Anda nantinya. Namun, sebelum meminta izin kepada warga sekita, pastikan Anda sudah mengajukan permohonan rekomendasi surat izin gangguan (HO) ke dinas perizinan kota ya!

Tentukan Jenis Hewan yang Dilayani

vip-dogs

Semakin banyak hewan yang bisa Anda layani, akan semakin banyak pula profit yang Anda dapatkan. Namun, sebelum memastikan apa saja jenis hewan yang akan Anda layani, pastikan Anda sudah memiliki keahlian dalam penanganan hewan tersebut ya! Sebagai permulaan Anda bisa mencoba memberikan layanan kepada hewan kucing dan atau anjing.

Siapkan Teknis Pet Shop

petshyop

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan isi pet shop serta melakukan rekruitmen karyawan. Pastikan Anda menyiapkan beberapa perlatan yang Anda akan pasarkan pada konsumen dan melakukan rekruitmen karyawan di pet shop Anda. pastikan pula karyawan yang Anda terima dapat menguasai jenis jenis hewan yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Setelah pet shop Anda telah siap untuk dibuka, pastikan bahwa Anda melakukan promosi dengan menggunakan media media yang sesuai dengan target pasar Anda. Anda bisa memilih untuk menggunakan website, brosur, atau social media untuk menyebarluaskan bisnis Anda.

Anda juga harus memahami konsep manajemen bisnis dan manajemen keuangan. Managemen bisnis memungkinkan Anda untuk dapat menjalin relasi dengan stakeholder yang berkaitan pada usaha Anda, seperti dokter hewan hingga rumah sakit hewan. Sedangkan managemen keuangan wajib dilakukan agar Anda tidak kehilangan uang untuk membeli peralatan yang tidak banyak diminati oleh para pecinta hewan. (bbi/Kevin Sumber: Jurnal.id)