danau kaco


Danau Kaco merupakan danau yang terletak di Jambi, Kerinci. Danau yang memiliki luas 90 meter ini memiliki keindahan yang luar biasa. Semenjak ditemukan hingga saat ini, danau ini belum ada yang mengetahui berapa kedalamannya. Kata “kaco” berarti kaca. Karena, air Danau Kaco berwarna biru bening yang bisa memantulkan cahaya bagaikan kaca, sehingga masyarakat sekitar banyak yang menyebutnya Danau Kaca. Tapi, pemandangannya kontras dengan pemandangan sekelilingnya, yang serba hijau dan coklat. Danau ini juga dipadati oleh ribuan ikan semah Kerinci yang berenang bebas.

Keunikan danau kaco daripada danau yang lain, adalah ketika malam purnama danau ini menampakkan cahanyanya. Dimana para wisatawan tidak perlu menggunakan senter untuk penerangan. Danau yang masih alami dan memiliki air yang biru ini, menjadi salah satu destinasi pilihan bagi wisatawan pecinta alam. Hingga saat ini belum ada yang bisa meneliti mengapa danau itu bercahaya ketika gelap.

Menurut cerita warga asli setempat, cahaya yang dihasilkan danau kaco berasal dari cahaya intan yang berasal dari dalam air. Cerita tersebut berasal ketika zaman dahulu, ketika ada seorang pangeran bernama Gagak yang ingin melawar putri yang bernama Napal Melintang. Tapi hal tersebut juga belum benar adanya. Sampai saat ini warga desa Lempur, masih mempercayai jika intan tersebut masih ada di dasar danau.

Sayangnya, akses menuju danau kaco belum disediakan. Membutuhkan tenaga dan effort yang luar biasa ketika ingin menyaksikkan danau kaco ketika malam bulan purnama. Akses menuju danau ini, dapat dicapai melalui jalur darat dimulai dari Kota jambi ke sungai Penuh. Jarak antara Jambi ke Sungai Penuh sekitar 500 km dengan waktu tempuh 10-11 jam. Selanjutnya dari Sungai Penuh dilanjutkan ke desa terdekat yaitu Desa Lempur,Kecamatan Gunung Raya dalam waktu 45 Menit dengan kendaraan roda empat atau pun roda dua. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki menyelusuri hutan selama 3-5 jam. Selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih sangat asri, salah satunya kita disuguhkan oleh pemandangan air terjun yang dapat kita lihat sewaktu dalam perjalanan.

Memang ya, untuk melihat suatu surga yang tersembunyi dibutuhkan usaha yang sangat luar biasa. Bagi Anda pecinta alam, danau kaco bisa dijadikan salah satu rekomendasi wisata alam. Dan yang pasti danau ini belum banyak lho, dijamah oleh orang-orang.