Paket-Ramadan-Gets-Hotel-Malang


Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah yakni Bulan Ramadhan yang tuntunya sudah di tunggu-tunggu bagi umat islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat yang di dalamnya terdapat berbagai keceriaan dan kebahagian.

Wajib bagi umat islam dalam masa bulan ramadhan, mereka menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Dan tentunya selama dalam masa puasa tersebut, makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang di sajikan oleh setiap keluarga tidak akan biasa seperti hari-hari biasanya.

Makanan dan minuman khas ramadhan tentunya akan menjadi buruan di dalam masa bulan ramadhan.

Ada banyak makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang tentunya akan membuat puasa anda semakin menyenangkan, karena pada saat sahur dan berbuka puasa anda di sambut dengan makanan dan minuman ramadhan yang istimewa dan spesial. Beberapa di antaranya banyak makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang menyegarkan.

Nah, pada kesempatan kali ini halomuda.com akan mengajak anda untuk membahas tentang makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang sangat cocok jika anda konsumsi di bulan ramadhan, terlebih lagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan.

Berikut ini adalah kumpulan makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang terbaik dan terpopuler, bahkan bisa menjadi makanan dan minuman khas romadhan yang favorit bagi seluruh keluarga di Indonesia.

Kumpulan Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

  1. Kurma

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

makanan khas ramadhan yang pertama adalah buah kurma yang merupakan buah yang aslinya berasal dari tanah timur tengah.

Buah kurma ini tentu saja mempunyai manfaat yakni misalkan saja mengatasi anemia, menjaga gigi dan tulang agar tetap sehat, mencegah stroke, juga mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan ternyata buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi.

Banyak sekali bukan manfaat dari buah kurma ini, karena yang manis-manis adalah makanan terbaik untuk berbuka puasa.

Bahkan banyak orang ynag mengawali bukanya puasa dengan makanan khas ramadhan yang populer dengan nama kurma ini.

  1. Kolak

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman khas ramadhan yang selanjutnya adalah sebuah minuman yang sangat erat kaitannya dengan menu buka puasa, hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat bagus jika di jadikan minuman berbuka puasa.

Isi dari minuman kolak ini bisa sangat ramai, tergantung selera. Biasanya isi yang umum dari minuman khas ramadhan ini adalah pisang, ubi jalar dan bisa di kombinasikan dengan roti, selanjutnya di beri kuah yang manis.

Tentu saja setiap daerah pada masa bulan ramadhan, memasukkan kolak sebagai menu buka puasanya.

Sampai saat ini, kolak yang paling di kenal banyak orang atau populer adalah kolak pisang. Bahkan kolak pisang ini sangat pas jika di hidangkan pada saat berbuka, terlebih lagi jika makanan khas ramadhan ini di beri es.

3. Es Campur

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Minuman segar di kala bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah minuman yang sangat sering kita jumpai di warung-warung sederhana.

Salah satu minuman segar yang murah akan tetapi sudah cukup untuk melepas dahaga, terlebih lagi es campur memiliki rasa yang manis jadi sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Komposisi yang ada dalam es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang kaling, santan, es pasrah, susu dan sirip menjadikan es campur layak untuk di jadikan menu berbuka puasa.

Es campur yang merupakan makanan khas ramadhan ini tentu akan sangat mudah untuk anda dapatkan di sekitar rumah anda yang menjual takjil.

4. Kerupuk  Ojay (Kerupuk Mie Oncom)

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Salah satu makanan khas bulan ramadhan yang banyak dicari ini adalah kerupuk ojay atau yang sering juga disebut keupuk mie oncom.

Makanan ini sangat terkenal ditanah parahyangan dari dahulu sampai sekarang. Bahkan dahulu konon kuliner khas ini sudah menjadi makanan wajib sebelum makanan modern bermunculan. Dan uniknya, Kurupuk Ojay ini akan menguat pamornya saat bulan Ramadhan.

Makanan khas bulan ramadhan ini terbuat dari bahan mie kuning yang digoreng atau disangrai. Lalu sambal atau kuahnya yang terdiri dari elemen rempah rempah dan bumbu tradisional seperti cabai, bawang putih, kencur, serai, salam dan oncom atau tempe yang dijamurkan.

Bauran rasa asin manis kerupuknya akan menjadi luar biasa saat bertemu dengan kuah sambal oncom yang pedas.

Makanan khas bulan ramadhan ini memiliki ciri khas dalam penyajian dan cara menyantapnya. Biasanya dilengkapi dengan kuah sambal oncom dalam penyajiaanya.

Cara memakan kerupuk kuning berdiameter sekitar 10 sampai 15 cm ini dicelupkan atau direndam dalam kuah pedas oncom tersebut sampai lembek dan kuahnya meresap, lalu baru disantap.

5Kicak

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Makanan khas bulan ramadhan selanjutnya yang juga sangat enak ini adalah kicak. Sebenarnya kicak berasal dari kota keraton Yogyakarta yang merupakan salah satu makanan sangat khas dan cukup populer.

Kuliner ini hanya bisa dijumpai saat bulan puasa tiba, biasanya menu makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat.

Makanan khas bulan ramadhan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, tetapi dahulu dibuat dari singkong.

Ketan yang sudah ditanak kemudian dihaluskan sehingga mirip dengan jadah atau gemblong. Lalu dicampur kelapa parut dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya.

Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat makanan ini semakin enak. Apalagi penyajiannya dibungkus dengan daun pisang.

6. Bangka Kopyor

Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan

Bangka kopyor juga menjadi makanan dan minuman khas bulan ramadhan yang sangat dicari. Kuliner tradisi ramadhan ini berasal dari Gresik yang menjadi hidangan khas yang disajikan saat berbuka.

Bangka Kopyor meruapakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Biasanya harga yang dipatok untuk makanan ini juga bervariasi, mulai dari Rp 3.000 ,- hingga Rp 5.000,-

makanan dan minuman khas bulan ramadhan ini dibuat menggunakan bahan baku tepung terigu, buah kelapa, pisang, nangka, santan kelapa, serta roti tawar.

Hingga kini makanan ini masih menjadi menu spesial yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah Manyar atau wilayah pesisir pantai.

 

 

BANNER SPREAD.gif (1112×100)