w2


Untuk memulai sebuah bisnis, memang diperlukan usaha, ketekunan, serta kerja keras yang maksimal. Apalagi pada era modern sekarang ini, bisnis tidak lagi menggunakan media konvensional biasa, melainkan bisnis sudah masuk ke ranah teknologi baru yaitu media online.

Setiap pelaku bisnis di media online pasti membutuhkan ulasan online dari pelanggan sebagai bukti aktivitas jual beli pada portal online mereka. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Pelanggan jarang memberikan ulasan terhadap produk yang dijual, bahkan dalam kasus bisnis yang masih kecil, ulasan terhadap produk sangat sulit di terima oleh penjual.

Lalu, bagaimana upaya seorang pebisnis agar mendapatkan ulasan positif dari konsumen? Dikutip dari wartaekonomi.co.id, terdapat beberapa tips dan trik untuk mendapatkan ulasan positif pada laman bisnis online.

Buatlah Promosi Email

Salah satu cara untuk mendorong lebih banyak ulasan online untuk bisnis kecil Anda adalah dengan membuat promosi melalui email. Melalui promosi email, Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan. Anda dapat mengirimkan pelanggan Anda sebuah emai yang berisikan promosi bisnis Anda yang menarik. Hal ini akan membuat konsumen tidak segan-segan untuk pergi ke bisnis Anda.

Baiknya, pengiriman email Anda lakukan tepat setelah pembelian konsumen, sehingga kesan positif masih melekat di mereka dan mereka akan memberikan Anda ulasan yang terbaik.

Menanyakan Secara Langsung

Dorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan online di berbagai tempat di sekitar lokasi bisnis Anda. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan sticky notes untuk berbagai ulasan, kartu nama, atau sticker di sekitar meja toko bisnis Anda.

Membahas Setiap Ulasan Online

Berdasarkan lansiran dari Entrepreneur.com (29/1/2019), pelanggan merasa senang apabila ulasan online mereka, baik maupun buruk, mendapat respon yang menenangkan dari pihak terkait. Jadi, penting rasanya untuk Anda membalas setiap ulasan online dengan tutur kata yang baik dan sopan.

Bagikan Ulasan yang Bersinar

Cara lainnya adalah dengan membagikan ulasan cemerlang yang sudah Anda terima. Ketika orang lain melihat bahwa orang-orang memberikan ulasan yang bagus untuk Anda, mereka akan cenderung melakukannya sendiri. Bahkan, menurut Psychology Today, orang melihat apa yang dilakukan orang lain untuk mempelajari apa yang benar. Itu bukti sosial dalam aksi.

Taktik ini tidak hanya berfungsi untuk menghasilkan lebih banyak ulasan online untuk bisnis Anda, tetapi juga membantu untuk mengiklankan bisnis Anda dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Lakukan yang terbaik untuk pelanggan

Anda dapat menggunakan semua tips dan trik, tetapi jika bisnis Anda memberikan layanan pelanggan yang buruk, Anda tidak akan pernah mendapatkan ulasan yang baik. Cara termudah untuk bisnis kecil, yakni melampaui pelanggan Anda.

Kebanyakan orang tidak meninggalkan ulasan untuk pengalaman yang biasa-biasa saja, tetapi orang-orang akan lebih cenderung untuk meninggalkan ulasan yang bagus untuk bisnis Anda jika Anda telah memberikan mereka pengalaman yang luar biasa.

Demikian beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis online anda. Semoga dapat membantu dan bermanfaat ya! (bbi/Kevin sumber: wartaekonomi.co.id)