BMW X7 double cabin ini tidak dijual untuk umum. X7 unik ini adalah proyek khusus, yang dikerjakan mahasiswa magang BMW dengan divisi Concept and Model Technology di pabrik BMW Munich.

Dibutuhkan waktu 10 bulan untuk membuatnya dari gambar konsep menjadi bentuk yang bisa dikendarai di jalan. Setidaknya 12 mahasiswa yang terdiri dari : mekanik sektor bodi dan kendaraan; mekatronik (perekayasaan yang menggabungkan teknologi mesin, elektronika dan informatika); dan konstruksi model teknis tergabung dalam proyek. Pengembangannya cukup unik, karena mereka sampai menggunakan BMW X7 pra-produksi yang direncanakan untuk dihancurkan. Tujuannya tak lain untuk menghemat biaya riset.

Milagros Caina Andree, Member of the Board for Human Resources BMW AG dalam keterangan resminya (08/07) mengatakan bahwa ia sangat bangga dengan sinergi antara BMW Group Vocational Training dengan Concept Vehicle Construction and Model Technology yang mengizinkan para pemuda berbakat untuk membuktikan kemampuannya dalam proyek itu.

Sesuai namanya, ia memakai basis SUV X7. Namun, buritannya ditransformasi menjadi bak terbuka untuk mengangkut barang. X7 sengaja dipilih karena memiliki keluaran tenaga yang mendukung untuk dijadikan kendaraan pekerja. Mesin X7 xDrive40i memproduksi 344 PS dengan efisiensi bahan bakar mencapai 9-8,7 liter per 100 km.

Wajahnya tetap sama dengan model X7 standar (mobil penumpang). Bodinya dibalut kelir BMW Individual Tanzanite Blue metallic. Ini terinspirasi dari kapal pesiar yang sophisticated. Kesan elegan juga ditampilkan area bak yang dilapisi aksen kayu teak di seluruh sisi.

Kemampuan angkut penumpangnya mencapai 5 orang. Di dalamnya tetap menawarkan kemewahan dengan sejumlah fitur pendukung. Berbagai penyesuaian diberikan agar dapat menunjang fungsinya sebagai kendaraan pengangkut barang. Material Carbon Fiber Reinforced Polymer (CRFP) digunakan pada beberapa bagian seperti atap dan pintu belakang. Selain itu, ada pula komponen yang dibuat menggunakan mesin cetak Selective Laser Sintering (SLS) tiga dimensi. Alhasil bobotnya lebih ringan 200 kg dari X7 model standar.

Ia juga diberikan suspensi yang dapat diatur ketinggiannya sebanyak dua level. Kemudian bodinya dibuat memanjang 10 cm dari X7 model mobil penumpang. Baknya memiliki dimensi panjang 140 cm dengan kondisi pintu belakang tertutup. Bila dibuka meningkat menjadi 200 cm. Ukuran segitu cukup untuk mengangkut banyak barang. Dalam kasus ini, BMW mencontohkan motor adventure BMW Motorrad F850GS yang berbadan besar. (Hfd/Van)

Sumber :

BMW

https://www.oto.com/berita-mobil/kerennya-bmw-x7-karya-mahasiwa-magang

BMW-X7-Double-Cabin1-650x433 BMW-X7-Double-Cabin2-650x433