usdchf


CHF adalah mata uang Swiss Franc. F adalah Franc alias Prancis. Lalu mengapa Swiss disingkat jadi CH? CH adalah singkatan dari Confoederatio Helvetica (bacanya: Konfederasi Helvetika), sebutan Swiss dalam bahasa latin. Dalam perdagangan mata uang, perdagangan pasangan dolar AS dan Swiss Franc atau USDCHF biasa disebut perdagangan “Swissie”. Swiss Franc merupakan mata uang yang populer karena Swiss menyimpan sekitar sepertiga kekayaan pribadi di dunia di dalam bank-banknya. Swiss juga netral dalam politik dan memiliki hukum pribadi yang ketat dalam urusan perbankan’

Yang Perlu Anda Tahu Tentang USDCHF

  • Penting diketahui bahwa Swiss National Bank (SNB) mengambil peran yang sangat aktif dalam menjaga nilai tukar franc terhadap mata uang lain, terutama euro. Dengan menggunakan intervensi pasar aktif, SNB telah membatasi nilai Swissie terhadap euro pada kurs minimum 1,200 CHF per euro. SNB mengintervensi untuk mengurangi risiko resesi dan deflasi mata uang. SNB membuat pengumuman tingkat suku bunga juga pengumuman kebijakan setiap triwulan.
  • Selain Jepang, Swiss merupakan negara yang menerapkan suku bunga minus. Jepang -0.10% sedangkan Swiss -0.75%. Jadi, selain komoditi emas, mata uang Swiss dan Jepang merupakan aset safe haven yang diburu investor saat ekonomi global mengalami krisis atau resesi.
  • Beberapa data ekonomi Swiss yang penting diikuti yang mempengaruhi kurs USD/CHF:
  1. Indeks Harga Konsumen Swiss: jumlah ini memberikan indikasi yang bagus terhadap arah inflasi secara umum dan mencerminkan kesehatan perekonomian.
  2. SVME: Indeks Pembelian Manajer atau Purchasing Managers’ Index (PMI) Swiss merupakan ukuran perekonomian Swiss yang baik dan dapat mengindikasikan bagaimana nilai mata uang akan bergerak.
  3. Cadangan Mata Uang Asing: Karena SNB berlebihan dalam menggerakkan nilai tukar, perlu untuk mengamati cadangan mata uang yang dapat digunakan untuk tujuan ini.
  4. Barometer Ekonomi KOF:    25 indikator ekonomi yang memprediksi bagaimana pasar akan beraksi dalam 2 triwulan mendatang.
  • Laporan ekonomi serta informasi dari AS juga memengaruhi nilai tukar USD/CHF. Yang paling penting dari pengumuman ini di antaranya: data ketenagakerjaan seperti klaim pengangguran, Indeks Harga Konsumen, pertumbuhan penjualan ritel, pengumuman tingkat suku bunga, dan setiap pengumuman dari Federal Reserve, serta data PMI

global bank rate

Nah, Anda ingin mencoba trading mata uang Swiss Franc? Miliki akun trading virtual disini dan ikuti edukasi trading nya secara gratis. Hubungi team edukasi trading di +62 822-4564-1116. Selamat mencoba, ya. (bbi/nia)