8


Secangkir kopi di pagi hari dengan sepotong roti bakar bisa jadi menu pembuka sebelum memulai aktivitas. Tak perlu butuh waktu lama, cukup 30 menit Anda mendapatkan banyak manfaatnya.

Secangkir kopi hitam pahit dapat memberikan pengaruh cukup besar bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Hanya, untuk mendapatkan manfaatnya, kopi harus dinikmati secara murni atau tanpa campuran apapun, seperti gula atau susu.

Pada dasarnya, kopi murni memiliki dampak yang baik bagi kesehatanan. Sebaliknya, mencampurkannya dengan gula atau susu malah akan memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Dikutip dari hasil penelitian National Cancer Institute (NCI) pada Mei 2012 silam, Neal Freedman dari divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika, NCI, bersama rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 400 ribu pria dan wanita dewasa di Amerika Serikat, mengenai pengaruh antara minum kopi dan risiko kematian. Hasilnya, peminum kopi cenderung tidak meninggal karena beberapa penyakit, seperti jantung, penyakit pernafasan, stroke, diabetes, infeksi dan kanker. Hasil ini berbanding terbalik dengan studi lainnya mengenai risiko kematian akibat merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Berikut ini manfaat yang dapat Anda nikmati saat menikmati secangkir kopi murni. Ilustrasi(Shutterstock) Manfaat bagi kesehatan Seperti diketahui dari hasil penelitian tersebut bahwa kopi berdampak positif untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi kopi diyakini dapat menurunan risiko penyakit kanker lever, kanker payudara, insulin atau estrogen, kanker prostat dan penyakit obesitas. Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah mengidap batu ginjal. Bahkan, bagi wanita penikmat kopi akan memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena depresi. Bahkan, penyakit diabetes yang identik dengan manis dapat terhindar dari diabetes tipe 2 sebanyak 50 persen bila mengkonsumsi kopi.

Dengan catatan kopi tersebut murni dan bukan olahan yang dicampur dengan pemanis. Maka dari itu, Anda tak perlu berlebihan bila ingin mendapatkan manfaat dari minuman berwarna hitam dengan rasa pahit ini. Cukup dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari, Anda bisa menurunkan risiko beberapa penyakit.

Gaya hidup on time mampu meningkatkan kualitas hidup lebih baik(Thinkstock) Manfaatkan waktu Manfaat lain menikmati kopi di pagi hari adalah rasa rileks sebelum memulai berbagai aktivitas. Selain itu, kandungan kafeinnya dapat membantu Anda untuk terjaga selama beraktivitas. Karena itulah, tak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu 30 menit setiap pagi.

Aktivitas lain, seperti membaca media informasi ataupun melihat status Instagram teman bisa Anda jadikan teman ngopi. Yang terpenting, manfaatkan waktu seefisien mungkin. Bila memiliki jadwal padat hari ini, mulailah membuat daftar prioritas pekerjaan Anda, seperti menyelesaikan peoyek atau bertemu rekanan bisnis.(bbi/Sf dari berbagai sumber)