btm


Pulau Batam menyimpan pesona yang tak terbantahkan, bukan hanya bagi wisatawan Indonesia, tapi juga Singapura dan Malaysia. Secara geografis, posisi Batam sangatlah strategis diakses dari Singapura dan Malaysia. Pulau itu hanya dibatasi Selat Melaka yang merupakan jalur laut nomor dua tersibuk di dunia. Selain itu, pesatnya pembangunan sektor pariwisata membuat Batam menjadi semakin menarik.

Wisatawan dapat masuk melalui enam pintu masuk, yaitu lima di antaranya dari pelabuhan laut dan satu dari Bandara Hang Nadim. Lalu, apa saja destinasi wisata seru yang di Pulau Batam? Berikut 10 rekomendasi dari Kementerian Pariwisata

batam1

1. Barelang Bridge

Jembatan yang sekilas mirip dengan Golden Gate di San Fransisco ini adalah ikon dari kota Batam. Menghubungkan banyak pulau, seperti Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru, jembatan ini terlihat begitu menawan dengan latar belakang pemandangan laut yang berwarna biru dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

batam2

2. Ranoh Island

Pulau ini sangat menarik lantaran hamparan pasir pantainya yang bersih, jernihnya air laut dan terumbu karang dengan aneka bentuk unik serta bermacam ikan hias berwarna-warni. Selain Pulau Ranoh, ada juga gugusan pulau-pulau sekitar yang pemandangannya tak kalah menarik. Rugi rasanya jika Anda tidak menyambangi pulau ini.

batam3

3. Mubud Island

Pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni, sehingga nuansa asri dan tropis masih terasa begitu kental saat mengunjungi lokasi ini. Lantaran kosong, banyak hal yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Bersantai, menikmati sunset dan bermain air, serta pasir putih merupakan cara terbaik menikmati alam di Pulau Mubut.

batam4

4. Palm Spring Golf

Lokasi seluas 274 hektar (ha) adalah salah satu lapangan golf berskala internasional yang terdapat di Batam. Tepatnya di Nongsa Batam. Selain lapangan, Palm Spring juga memiliki resort golf premier yang menawarkan pemandangan indah dengan latar pantai dan gedung pencakar langit Singapura. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan pribadi.

batam5

5. Nuvasa Bay

Pantai Nuvasa Bay merupakan salah satu destinasi unggulan di Batam yang sudah ada sejak 2016 lalu. Pantai itu berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Dari pusat kota, turis bisa mengendarai mobil sekitar satu jam dengan kecepatan normal. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan di Nuvasa Bay. Selain pemandangan pantai yang indah, pantai ini menawarkan beberapa wahana permainan. Sebut saja Aqua Adventure, Jet Ski, Banana Boat, Water Bubbles, Land Adventure, Paint Ball, Shooting Target, Flying Bike, dan Flying Fox.

batam6

6. Nagoya Hill Mall

Berkunjung ke Batam belum lengkap rasanya kalau tak belanja tas dan parfum murah. Nagoya Hill Shopping Mall merupakan salah satu tempat belanja murah di Batam yang menjadi buruan para turis. Berbagai tas dengan brand ternama bisa didapat dengan harga miring.

batam7

7. Via via Beach

Pantai Via Via terletak di Sijantung, Galang, Batam City. Lokasi ini sangat populer lantaran di sana terdapat ayunan di tengah pantai yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berswafoto.

batam8

8. Jabal Arafah Mosque

Masjid Jabal Arafah Batam adalah satu Masjid unik yang terletak di Lubuk Baja, Kota Batam. Selain sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, masjid ini menjadi destinasi wisata religi keluarga di Batam. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan domestik, tapi juga wisatawan asing dari negara tetangga seperti Malaysia.

batam9

9. Kepri Coral

Kepri Coral merupakan destinasi wisata populer saat ini karena memiliki kolam renang dan akuarium bawah laut yang menakjubkan. Pemandangan bawah laut di Kepri Coral bisa Anda nikmati tanpa harus berenang. Cukup masuk ke dalam akuarium untuk bisa melihat ikan dan terumbu karang. Selain menikmati pemandangan bawah laut, Anda juga bisa bermain jetski, perahu kano, dan sepeda air, atau menikmati keindahan pantai.

batam10

10. Welcome to Batam

Monument Monumen ini menjadi identitas dari Kota Batam, maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung sekadar untuk ber-selfie ria di tempat ini. Nah, jika Anda sedang berada di Batam, jangan lewatkan ikon kota yang satu ini, ya!