Ini nih dijamin ketagihan! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesia

Favoritmu yang mana aja nih?

Layaknya semboyan Indonesia, bhinneka tunggal ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu, di tiap-tiap daerah yang tersebar di Indonesia memiliki makanan pedas favorit yang berbeda. Yup, semua karena pedas adalah cita rasa favorit lidah rakyat Indonesia. Penyebabnya adalah Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Jadi, selain cabai ada sumber lain yang membuat masakan pedas seperti merica, hingga bumbu lainnya.

Penasaran apa saja makanan pedas yang merebut hati rakyat Indonesia di berbagai daerah ini? Yang pasti, semua makanan di bawah wajib dicoba apalagi kalau kamu pecinta makanan pedas.

 

1. Seblak, Jawa Barat

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiacookpad.com

Seblak adalah makanan berkuah khas Jawa Barat khususnya Bandung. Seblak ini bercita rasa gurih dan pedas, yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan tambahan lain seperti ayam, makaroni, telur, sosis, hingga bakso. Bahan utama seblak adalah kerupuk, cabai, kencur, bawang merah, bawang putih, gula, serta garam.

Makanan ini  disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini meskipun rasanya pedas tetapi menyegarkan. Jadi, kamu akan merasakan sensasi pedas yang lain daripada yang lain.

Ada pula jenis seblak kering yang sering dijadikan cemilan kemasan atau snack. Seblak kering yang dijual di pasaran juga tak kalah pedas, lho.

2. Penyetan, Jawa Timur

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiaresepkoki.id

Penyetan merupakan makanan khas Jawa Timur. Penyet merupakan bahasa Jawa dari gepeng. Yang artinya makanan lauk di-penyet terlebih dahulu menggunakan ulek bersama sambal di cobek. Yang dipenyet adalah aneka lauk pauk seperti ayam goreng, tahu atau tempe.

Jangan salah, meskipun ayam atau tempe yang dipenyet jadi hancur, itulah letak keunikannya. Karena rasa pedas dari sambal akan meresap hingga ke dalam. Hmmm, sungguh nikmat!

3. Ayam Betutu, Bali

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesianotepam.com

Pulau Bali mempunyai hidangan pedas yang sangat nikmat! Yaitu ayam betutu yang merupakan hidang khas dari daerah Gilimanuk, Bali. Bumbu betutu terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe lengkuas, kemiri, dan tambahan lain. Hidangan kaya rempah ini memiliki rasa amat pedas yang lezat. Biasanya, seporsi ayam atau bebek betutu disajikan dengan sambal matah yang membuat rasanya semakin terasa pedas.

Pastikan untuk mencoba mencoba makanan ini saat berada di Pulau Dewata!

4. Rendang, Sumatera Barat

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiapomacikitchen.com

Siapa yang tidak tahu rendang? Hampir semua orang di Indonesia, tentu mengetahui makanan pedas ini. Bahkan sebagian penduduk dunia mengakui kelezatan rendang terbukti saat ditetapkannya rendang sebagai Makanan Paling Enak Nomor. 1 di Dunia oleh CNN International tahun 2011 lalu.

Rendang berbahan utama daging yang tercampur bermacam-macam bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang kali dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam, Dari proses itulah didapat makanan pedas, gurih nan sedap ini.

5. Rica-rica, Manado

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiamamanobi.com

Ini dia makanan dengan rasa gurih dan segar, Rica-rica. Ayam Ricarica khas Manado selain memiliki rasa yang pedas, baunya juga harum karena dilengkapi daun kemangi pada bumbunya. Selain ayam, rica-rica dapat berupa daging atau ikan. Bumbu rica-rica berbahan utama tomat, bawang merah, cabai, bawang putih, dan jahe.

Dijamin bikin semua orang ketagihan!

6. Ayam Bakar Taliwang, Nusa Tenggara Barat

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiaresepmasakanalternatif.blogspot.com

Ayam taliwang bisa ditemukan saat berkunjung ke Lombok. Masakan khas NTB ini memiliki cita rasa pedas. Ayam taliwang terbuat dari campuran bermacam-macam bumbu cabai yang tentunya menambah kekhasan rasa pedasnya. Bumbu cabai tersebut disajikan di ayam bakar yang masih panas.

Rasa pedas gurihnya akan membuat siapa pun tambah. Selain itu, ayam taliwang disajikan pula dengan sambal pedas khas Lombok yang lezat. Dengan rasa pedas yang dua kali lipat ini, berani coba?

7. Bebek Pedas khas Madura

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiaresepkoki.id

Bebek khas madura memang memiliki bumbu yang berwarna hitam, yang sekilas seperti bebek yang dibakar. Hidangan ini merupakan olahan kuliner yang sangat terkenal di Pulau Madura karena memiliki rasa yang sangat enak serta tekstur daging bebeknya juga empuk. Ditambah rasa pedas dari bumbunya, membuatmu tak cukup makan sekali! Bahan dari masakan ini ada cabai, air jeruk nipis, daun jeruk purut, beras serta serai sebagai penambah rasa sedap.

8. Mie Aceh, Sumatera Utara

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiangiderngiler.com

Mie Aceh, seperti namanya olahan mi ini berasal dari Aceh, Sumatera. Dengan ciri khas bentuk mie yang besar dan tebal, santapan satu ini ada dua jenis yaitu berkuah, bisa juga kering. Tentunya kedua jenis tetap pedas. Kuah mi yang digunakan adalah kuah kari yang membuat masakan jadi gurih.

Biasanya mie aceh dicampur daging sapi atau kambing. Tapi, banyak pula yang menggunakan seafood seperti udang, cumi, bahkkan kepiting dalam olahan mi. Mi pedas ini wajib kamu nikmati karena rasanya benar-benar lezat, lho!

 

9. Ceker Pedas, Jawa Timur

Nagih! Ini 9 Makanan Super Pedas Favorit Tiap Daerah di Indonesiaresepmembuat99.blogspot.com

Salah satu bahan masakan yang banyak diolah dengan bumbu pedas adalah ceker atau kaki ayam. Sebagian orang bisa jadi jijik dengan bagian ayam yang satu ini. Namun, di Jawa Timur masakan ceker ayam ini sungguh terkenal karena rasanya yang tak biasa, lho. Tekstur ceker yang khas memang memiliki sensasi rasa tersendiri saat dimakan bersama bumbu pedas khas rempah-rempah indonesia.

Di daerah Jawa Timur juga berbeda-beda, lho nama populernya. Kalau di Malang, biasa disebut Ceker Setan. Sedangkan di Sidoarjo yang terkenal adalah Ceker Lapindo. Wah, unik kan?

C.4.3

Ingin trading dapat Rewards Voucher MAP, Travelloka hingga mobil Mercedes Benz serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya? Daftar disini!  Informasi 0822.3049.2220 (Dian Tri Hariani)