pantai-tiga-warna-tambakrejo-sumbermanjing-wetan-kabupaten-malang


Ingin menikmati keindahan pantai yang masih benar-benar alami yang belum banyak dikunjungi wisatawan?

Datang saja ke pantai-pantai di Kabupaten Malang. Karena sebenarnya Kabupaten Malang memiliki banyak sekali pantai yang indah, baik yang sudah populer dan yang belum populer, ataupun yang belum di kelola. Salah pantai di Kabupaten Malang yang masih perawan tersebut adalah Pantai Perawan yang terletak di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya berjarak sekitar 60 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Tahu tidak kalau kalian kesini itu terasa berada di sebuah pantai milik kita sendiri, itu karena pantainya memang tidak memiliki banyak pengunjung seperti pantai-pantai di Malang lainnya. Tak ramai pengunjung bukan karena pantainya jelek loh, tapi disebabkan karena jalan menuju kesini tidaklah mudah. Kalau jalannya mudah pasti ramai pengunjung.

Memiliki bentuk cekungan seperti diapit dua buah teluk dengan pasir pantai yang luas dan panjang sekitar 2 kilometer, pantai ini memiliki pasir pantai berwarna putih kecoklatan yang bersih dan alami. Ombak Pantai Perawan yang datang kemudian pergi semaikin mempesona mata saat melihat kesibukan para kepiting laut yang sedang lalu-lalang kesana-kemari entah mau ngapain. Keperawanan pantai semaikin terlihat dengan adanya pepohonan dan tumbuhan dipinggir pantai yang masih berdiri hijau dan tumbuh sempurna. Tak perlu dijelaskan perawan itu seperti apa, karena kalian pasti maksudnya perawan itu bagaimana.

pantai-sumbermanjing

Di sebelah kanan pantai yang terlihat seperti teluk terdapat sebuah rumah kecil dengan selang besar menuju ke laut yang digunakan untuk mengalirkan air laut ke tambak warga Sidoasri yang tidak jauh dari pantai. Berapa tiketnya? Tentu saja gratis!

Pantai Tiga Nama

Pantai ini memiliki 3 nama loh, yaitu Pantai Tambaksari (karena dulu sebelum pemekaran nama desa pantai ini Tambaksari), Pantai Sidoasri (karena pantai ini terletak di Desa Sidoasri, desa dari pemekaran Desa Tambaksari), dan Pantai Perawan (nama yang diperkenalkan oleh sejumlah mahasiswa Unmer saat datang ke pantai ini). Jadi jangan sampai kalian menganggap 3 nama pantai ini merupakan 3 pantai dengan lokasi berbeda.

Untuk menuju ke pantai ini cukup mudah, dari kota Malang ke selatan ikuti petunjuk ke Sendangbiru, sebelum pom bensin terakhir terdapat pertigaan ambil jalan yang lurus mengikuti petunjuk ke Klepu lalu ikuti petunjuk ke Sidoasri. Sampai di desa Sidoasri tinggal mengikuti papan petunjuk ke Pantai Perawan. Selain pantai perawan, disini anda juga bisa berkunjung ke pantai Klatakan. Saran Sejuta Fakta sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua saja, karena jalannya cukup sulit, sempit, naik turun, dan berkelok-kelok. (bbi/age)