ujn


Saat malam pergantian tahun di Jakarta dan sekitarnya, hujan terus turun hingga keesokan. Beberapa lokasi mengalami banjir dengan kedalaman yang berbeda-beda. Banjir pun akhirnya menjadi hambatan ketika orang-orang ingin bepergian dalam masa tahun baru.

Dalam situasi hujan dan banjir itu, bepergian menjadi butuh perencanaan. Ada beberapa kiat untuk menunjang kenyamanan dalam perjalanan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima kiat bepergian dalam keadaan hujan dan banjir.

Perlengkapan anti basah

banjir 4

Perlengkapan pelindung tubuh payung dan jas hujan termasuk penting dipakai saat bepergian. Manfaat payung dan jas hujan itu tak cuma membuat menutupi tubuh agar tidak kebasahan, tapi juga melindungi barang bawaan elektronik yang berharga, gadget atau kamera. Ketika menggunakan payung atau jas hujan, setidaknya mengurangi potensi air membasahi segala yang melekat di tubuh. Pikirkan pula menggunakan tas waterproof, agar perlindungan menjadi lebih maksimal terhadap barang apa pun yang mudah rusak bila terkena air.

Destinasi dalam ruangan

Saat musim hujan terutama saat situasi banjir, pilih tempat liburan dalam ruangan. Misalnya, mal, museum, ataupun galeri. Memang tempat-tempat seperti itu tak menawarkan pengalaman seperti wisata di alam terbuka antara lain danau atau pantai. Namun wisata dalam ruangan cukup sekadar hiburan tanpa melewatkan momentum liburan, dalam cuaca hujan.

Menggunakan transportasi yang cocok

banjir 2

Ketika sedang hujan, serta banjir di beberapa lokasi, maka kendaraan menjadi penting untuk dipertimbangkan. Lebih baik tidak menggunakan sepeda motor, karena berisiko macet bila menerabas banjir. Kendaraan yang paling memungkinkan adalah menggunakan roda empat, mobil transportasi online, angkot, bus. Atau bila cukup jauh, pilihlah kereta. Meski tetap ada potensi kendala ketika banjir cukup tinggi. Setidaknya mengurangi risiko kebasahan selama di perjalanan.

Rutin memantau perkembangan cuaca

banjir 3

Bila hujan terus-menerus memicu terjadi banjir. Pelancong yang bepergian perlu rutin memantau berita atau informasi mengenai perkembangan cuaca dan situasi di lokasi lain. Hal itu bermanfaat untuk memastikan situasi tempat yang dituju. Cara seperti itu penting untuk mengantisipasi segala sesuatu yang kurang menyenangkan ketika sedang dalam perjalanan.

Memberi kabar pada karib

banjir 6

Ketika bepergian dalam situasi banjir, penting untuk memberi kabar pada anggota keluarga atau sahabat. Penting untuk mengabarkan tempat berada saat tertahan hujan deras dan banjir. Setidaknya itu memberi mereka rasa tenang. Memberi kabar juga akan membantu pelancong sewaktu-waktu membutuhkan bantuan dalam perjalanan. (bbi/aye sumber tempo)

 

C.4.3

Ingin trading dapat Rewards Voucher MAP, Travelloka hingga mobil Mercedes Benz serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya? Daftar disini! Informasi Agung 0878.555.848.20