63


Mulai sekarang harus lebih sadar lingkungan nih

Bumi diciptakan dengan segala keindahan dan manfaatnya. Manusia sebagai salah satu makhluk yang hidup di atasnya tentu dapat menikmati hal tersebut dengan mudah. Sayangnya, hal itu terjadi jauh sebelum bumi menjadi sasaran keegoisan manusia yang merusak dan mengabaikan lingkungan begitu saja.

Sebagai penerus bangsa, sudah seharusnya millennials dan Gen Z ikut andil membuat perubahan, terutama untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian lingkungan. Dengan hal tersebut, anak muda harapannya bisa melakukan hal lebih untuk lingkungannya. Hal ini sejalan dengan Djarum Foundation. Penasaran seperti apa aksi nyatanya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Bentuk wadah penggerak untuk anak muda

68

Untuk anak muda yang peduli terhadap lingkungan, tentunya perlu wadah sebagai penggerak perubahan. Wadah inilah yang nantinya dapat menjadi tempat berbagi informasi dan menjalin hubungan sosial yang lebih kuat dan terarah. Untuk itu, hadirlah Siap Darling (Siap Sadar Lingkungan) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Program ini merupakan sebuah movement untuk mengajak masyarakat secara luas, agar lebih memiliki Sikap Darling (Sadar Lingkungan).

2. Walau baru hadir, Siap Darling ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat

67

Walau baru diluncurkan tahun 2018 lalu, Siap Darling ingin memberikan dampak seluas-luasnya untuk masyarakat. Hal ini terlihat dari komitmen Siap Darling yang ingin menjalin hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat untuk menjalankan misi mengajak kembali setiap orang untuk Sadar Lingkungan melalui platform digital mulai dari InstagramYoutubeTwitterFacebook dan website yang di dalamya berisi tentang ajakan dan informasi mengenai kegiatan dan sikap sadar lingkungan.

3. Berbagai program sudah dilaksanakan oleh Siap Darling

65

Dengan mengajak DarlingSquad—sebutan bagi volunteer Siap Darling yang terbagi di beberapa kota di Indonesia mengadakan beberapa program seperti Candi Darling. Candi Sadar Lingkungan atau #CandiDarling adalah bagian dari #Aksidarling yang juga menjadi langkah nyata dalam menggerakkan generasi Millennials untuk ikut menanam pohon serta lebih peduli terhadap lingkungan dan candi sebagai warisan nusantara.

Dalam #Aksidarling ini, upaya konservasi lingkungan dan warisan sejarah dipadukan agar Millennials bangga dan cinta dengan situs peninggalan yang telah menjadi bagian dari sejarah Indonesia sejak dahulu. Candi Darling pertama kali diselenggarakan di Kawasan Candi Prambanan dengan mengajak 500 mahasiswa di sekitar Yogyakarta. Lalu  250 mahasiswa yang berasal dari universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan beberapa universitas lainnya di Situs Boko dan Candi Ijo.

4. Selain Candi Darling, program #AksiDarling juga menjadi gerakan yang konkret

66

Aksi Sadar Lingkungan atau dikenal dengan #Aksidarling merupakan gerakan nyata dari #SiapDarling melalui aksi lingkungan yang paling mudah dan bisa dimulai dari sekitar. Seperti menanam pohon di rumah, memelihara tanaman dalam rumah, tidak membuang sampah sembarangan, dan masih banyak hal lainnya yang bisa menjadi gerakan untuk mendukung sikap sadar lingkungan. Tahun lalu, Aksi Darling digelar dengan menanam di Benteng Van Den Bosch, Ngawi serta di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Banyuwangi.

5. Lebih dari 1000 orang sudah bergabung menjadi DarlingSquad

 64

Dari kegiatan yang telah dilakukan kini telah tergabung 1.687 Darlingsquad secara online dan 1,243 yang telah bersama-sama melakukan aksidarling. Tentunya akan ada lagi Aksi Darling dan Candi Darling berikutnya, informasi lengkapnya bisa diakses melalui akun @siapdarling di Instagram, Twitter, Youtube dan Facebook, serta www.siapdarling.id.

C.4.3 AS

Ingin trading dapat Rewards Voucher MAP, Travelloka hingga mobil Mercedes Benz serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya? Daftar disini! Informasi Asep 0878.345.345.25