24


Memimpikan rumah mungil milik sendiri, bisa menjadi alasan kamu sedang rajin-rajinnya menabung saat ini. Menahan berbagai pengeluaran tersier, demi mewujudkan sebidang tanah dan bangunan cantik milik sendiri.

Kali ini mewawancarai pasangan suami istri yang kini memilih tinggal dekat dengan pantai. Presi Pattimahu serta sang suami, Dan Pearson, membangun rumah seluas 144 m2 di Pesisir Barat, Krui, Lampung, untuk dihuni bersama ketiga anjing peliharaannya.

Sambil berkhayal, kumpulkan dulu ide-ide menarik untuk menata dan mengisi rumah masa depan kamu ya,  Seperti rekomendasi berikut ini.

1. Atap tinggi untuk kesan luas

18

Jika kamu beruntung bisa membangun rumah mungil idamanmu dari nol, mulai pikirkan untuk memiliki atap yang tinggi. Langkah ini untuk memberi kesan ruang yang luas. Jika rumah yang kamu tempati sudah jadi, bisa akali dengan memilih perabotan serba pendek di bawah level pandangan mata, untuk memberi kesan ruang yang lapang. Begitu juga dengan pajangan. Hindari memasang hiasan dinding yang digantung selevel dengan pandangan mata.

Seperti halnya Presi, ia memilih inspirasi Mediterranean dan Scandinavian untuk dekor ruang tamu yang menyatu dengan dapurnya tersebut, sehingga terasa seimbang untuk rumah yang lekat dengan suasana pantai.

2. Tempat penyimpanan cerdas

 19

Sebagai ide tambahan untuk ruangan kecil, kamu bisa customized kursi atau meja makan dengan tempat penyimpanan di bawahnya. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik untuk membuat ruanganmu lebih bersih dari benda-benda kecil yang mengganggu pemandangan.

3. Ruang kamar serba terbuka

20

Untuk kamar berukuran kecil seperti 3×3 meter atau 3×4 meter yang biasanya menjadi standar untuk rumah cluster, kamu bisa menatanya dengan kompartemen serba terbuka seperti yang dilakukan Presi dan Dan untuk kamar tidur mereka. “Meski tinggal di Krui, namun kami mengambil barang dekorasi dari Jakarta, Bali, dan custom di tukang kayu lokal,” jelas Presi. Kamar mandi tanpa pintu juga menjadi opsi untuk memberi kesan di dalam kamar menjadi luas.

Salah satu kunci menjadi seorang minimalist adalah, hanya memiliki barang-barang yang memang dipakai sehari-hari. Begitu juga dengan pasangan ini yang membuat kamar mungilnya terasa lapang tanpa barang hiasan tidak penting, atau pakaian dan aksesori berlebih.

4. Manfaatkan rak custom

 21

Kamarmu ternyata lebih sempit? Jangan khawatir, Bela! Manfaatkan ruang tidurmu dengan rak bangun yang kamu pesan khusus sesuai ukuran sudut kamar pilihanmu, seperti contoh ini. Selain buku-buku, kamu bisa menata pakaian, produk perawatan hingga aksesorimu di satu tempat yang praktis.

5. Permainan warna dinding

22

Perbedaan warna dinding yang menyolok, bisa membuat ruangan mungil jadi lebih dinamis. Contohnya, kamar mandi pribadi Presi dan Dan ini. Paduan jarak lampu yang tepat pada cermin, serta permainan warna hijau tua, chrome  dan aksen unfinished yang berkesan industrialis, membuat kamar mandi ini terasa hangat dan modern.

6. Cermat memilih perabotan

23

Mengambil contoh kasus rumah dekat pantai, Presi mengingatkan untuk teliti memilih perabotan agar ‘usia’nya lebih panjang. “Karena dekat dengan pantai, pastikan barang yang dibeli ada perlindungan anti karat. Kalau bisa, hindari dekorasi atau perabotan dari bahan besi,” jelas Presi.

Perhatikan pula dalam pemilihan tanaman. Ada tanaman yang bisa tumbuh di tanah pinggir pantai karena cocok dengan kondisi tanahnya, ada tanaman yang bisa tetap hidup di dalam ruangan dan memproduksi oksigen, ada pula tanaman yang tahan dengan kondisi kemarau panjang seperti di perkotaan.

Selamat membuat rencana untuk rumah impian kamu ya, Bela!

C.4.3 AS

Ingin trading dapat Rewards Voucher MAP, Travelloka hingga mobil Mercedes Benz serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya? Daftar disini! Informasi Asep 0878.345.345.25