sulit-tidur


Memiliki gangguan tidur, sering disebut juga dengan insomnia, memang tidak enak dan mengganggu tubuh kita secara keseluruhan. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena sudah ada solusi yang mudah dan relatif tidak memerlukan biaya yang besar, yaitu berolahraga. Olahraga di sini harus dilakukan secara rutin dan tidak akan memiliki efek berarti jika dilakukan hanya sekali dua kali saja.

Dalam penelitian dari Northwestern University Feinberg School of Medicine menyebutkan bahwa olahraga tidak akan secara langsung memperbaiki gangguan insomnia. Butuh beberapa bulan rutin berolahraga baru efek positifnya akan bisa dirasakan.

Penelitian tersebut melibatkan sejumlah wanita yang memiliki gangguan tidur. Peneliti menganalisa mereka selama 16 minggu dan kemudian mereka menemukan bahwa gangguan tidur para para wanita tersebut baru bisa menjadi lebih baik setelah melakukan olahraga secara rutin selama 4 bulan.

Kelly G. Baron yang merupakan ketua studi tersebut mengungkapkan olahraga tidak akan langsung memberi manfaat pada gangguan insomnia. Harus dilakukan dengan rutin dalam jangka panjang jika ingin mendapat hasil yang maksimal. Jika tidak maka hasilnya tidak akan maksimal dan mungkin tidak akan terasa efeknya sama sekali. Terlepas dari lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengatasi sulit tidur dengan berolahraga, para peneliti mengatakan bahwa olahraga adalah solusi terbaik bagi Anda yang mengalami sulit tidur.

Menurut Kelly, pasien yang ingin menghilangkan gangguan sulit tidur ketika melakukan olahraga jangan terlalu fokus pada keinginannya untuk mengatasi insomnia, karena jika gagal maka malah akan membuat penderita stres. Penderita sebaiknya berpikir bahwa mendapat kualitas tidur yang baik hanya satu dari banyak manfaat rutin berolahraga.

Seorang peneliti yang berasal dari universitas yang sama bernama Dr Phyllis Zee, mengatakan pasien penderita sulit tidur mempunyai kadar aktivitas otak lebih berat dan mereka membutuhkan proses untuk mengembalikan ke kadar normal yang akan membuat mereka bisa tidur dengan baik.

Masih menurut Phyllis Zee, jika dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang biasanya bisa memberi hasil yang cepat, tentu akan lebih menyehatkan jika kita mengatasi sulit tidur dengan rutin berolahraga.

Olahraga terbaik untuk mengatasi sulit tidur cukup mudah. Dengan cukup rutin berjalan kaki ringan setiap hari selama 30 menit, berenang, joging atau latihan angkat beban akan mampu mengatasi gangguan sult tidur yang Anda alami, asalkan dilakukan dengan rutin tanpa jeda. Selain olahraga, perhatikan juga waktu Anda beristirahat, khususnya jika Anda berolahraga di malam hari. [bbi/adit/Sumber Dunia Profesional]

 

C.4.2

 

Ingin punya bisnis sendiri tapi tidur anda tidak terganggu? Daftar disini! dan dapatkan Rewardsnya serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya Informasi Aditya Daniswara 0821.1511.1233