Siasati-Masa-Pensiun-dengan-Usaha-Baru-1


Sekarang coba tanyakan kepada diri kita sendiri, apakah kita sudah siap apabila masa pensiun tiba? Apakah kita telah mempersiapkan dana pensiun selain sejumlah dana yang akan kita terima dari tempat bekerja? Berapa banyak teman kantor kita yang masa pensiun mereka hanya tinggal beberapa tahun lagi?

Persiapkan Bukan Abaikan

Tidak dapat dipungkiri karyawan di Indonesia termasuk yang paling telat  mempersiapkan pensiunnya. Sebagian besar masih mengandalkan Jamsostek atau sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan tempat bekerja sebagai sumber dana pensiunnya kelak. Harus diakui perkembangan dana tersebut tidak menjamin cukup untuk masa pensiun nanti, mengapa? Karena yang tahu besaran kebutuhan dana pensiun kelak adalah kita sendiri bukan Jamsostek ataupun perusahaan tempat bekerja.

Pada tahap persiapan perlu diketahui berapa dana yang dibutuhkan pada saat pensiun nanti, beberapa klien kami ada yang menyebutkan kebutuhan dana pensiun berdasarkan kebutuhan biaya hidup perbulan, tapi ada juga yang menginginkan sejumlah dana tertentu pada saat dia pensiun nanti. Nah, secara umum terdapat dua pendekatan dalam menghitung kebutuhan dana pensiun kita.

1. Pendekatan biaya hidup; yaitu kebutuhan dana pensiun dihitung dengan gambaran besaran biaya hidup yang dibutuhkan saat pensiun kelak.

2. Pendekatan pengganti penghasilan;yaitu kebutuhan dana pensiun dihitung dengan gambaran besaran penghasilan yangdiharapkan diperoleh kelak sebagai pengganti penghasilan pada saat ini.

Apapun pendekatan yang akan dipilihdalam menghitung besaran dana pensiun, yang perlu kita sadari adalah danapensiun harus dipersiapkan, bukan diabaikan.


Memilih Produk Investasi yang Tepat

Setelah kita mengetahui berapabesaran dana yang dibutuhkan pada saat pensiun nanti, sekarang tibalah saatnyakita menentukan produk investasi apa yang pas untuk mempersiapkan dana pensiuntersebut. Ada tiga tahapan dalam memilih produk investasi yang tepat untuk danapensiun yaitu sesuaikan dengan tujuan, perhatikan jangka waktu, dan memilihproduk investasi.

Pada dasarnya memilih produkinvestasi haruslah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, dalam hal iniadalah mempersiapkan dana pensiun. Setelah mengetahui tujuan investasi makaselanjutnya adalah menyesuaikan dengan jangka waktu investasi.

Jangka waktu investasi untukpersiapan dana pensiun dapat dibagi menjadi tiga, yaitu jangka pendek dengandurasi investasi 1 sampai 5 tahun, jangka menengah durasi investasi 5 sampai 10tahun, dan jangka panjang dengan durasi investasi lebih dari 10 tahun. Untukmenentukan jangka waktu investasi diukur dari berapa tahun lagi kita akanpensiun, misalnya saat ini berumur 30 tahun berarti masih tersisa 25 tahun lagimemasuki masa pensiun (usia pensiun adalah 55 tahun), sehingga jangka waktuinvestasi termasuk dalam kategori jangka panjang.Â

Produk investasi yang cocok untukjangka pendek tentunya yang memiliki tingkat resiko yang rendah sepertideposito atau reksadana pasar uang. Sedangkan untuk produk investasi jangkamenengah dapat memilih reksadana jenis pendapatan tetap atau campuran. Produkinvestasi untuk jangka panjang dapat memilih reksadana saham atau produkinvestasi dengan imbal hasil yang tinggi dalam jangka panjang.

Masa Pensiun Bukan Hanya Milik Kita

Memasuki masa pensiun berarti kitadapat lebih sering bertemu keluarga, anak maupun cucu. Untuk itu penting bagikita untuk mempersiapkan masa pensiun sebaik mungkin, sehingga di saat pensiunnanti kita dapat memberikan kebahagian pada anak cucu, dan tidak memberatkankeluarga atau kerabat.

Masa pensiun dapat kita isi denganhal yang sebelumnya sulit atau jarang dilakukan karena keterbatasan waktu dankesibukan bekerja. Mulai dari menjalankan hobi, mengerjakan sesuatu yang kitasenangi, berkumpul dengan keluarga dan kegiatan lainnya. Hal tersebut dapatterwujud apabila kita mempersiapkan masa pensiun dengan perencanaan yang baik.Oleh karena itu persiapkanlah dana pensiun anda sedini mungkin, karena cepatatau lambat semua karyawan pasti akan pensiun.

 

C.4.2

 

Pilihlah produk investasi yang tepat dan dapatkan reward Voucher MAP, Travelloka hingga mobil Mercedes Benz serta rebate 11 USD per  1 lot dengan komisi hanya 1 USD per 1 lot nya? Daftar disini! Informasi Aditya Daniswara 0821.1511.1233